Kamis, 25 April 2013

Tugas Gizi blok "Endokrin dan Metabolisme"

Diposting oleh Rizki
 

Tugas Terminologi Gizi



          Obesitas sentral adalah kondisi kelebihan lemak perut atau lemak pusat. WHO (2000)
Orang yang mengalami central/abdominal obesity ditandai dengan adanya penumpukan lemak visceral yang berlebihan di perut dan sekitarnya.
Pada wanita, obesitas sentral ditandai dengan lingkar perut lebih dari 88 cm, sedangkan pada pria yaitu lebih dari 102 cm

Obesitas tipe Android
Badan berbentuk gendut seperti gentong atau buah apel, perut membuncit kedepan, banyak didapatkan pada kaum pria, sehingga disebut pula obesitas tipe pria atau male type obesity. Tipe ini cenderung mengakibatkan penyakit jantung koroner, diabetes, dan stroke. Nama lain obesitas tipe ini adalah obesitas tipe sentral (central obesity), abdominal obesity, atau visceral obesity. Disebut obesitas viseral karena penimbunan lemak terjadi di dalam rongga perut (abdomen), tepatnya di sekitar omentum usus (viseral). Lemak viseral yang berlebihan ini memperoleh suplai darah dari pembuluh darah omentum, dan mengeluarkan banyak bahan kimia dan hormone ke dalam peredaran darah. Banyaknya lemak yang tertimbun dalam rongga perut mencerminkan makin lebarnya lingkaran pinggang (waist circumference) orang itu.  

·         Obesitas Perifer Banyak dijumpai pada kaum wanita, terutama yang telah masuk masa menopause, panggul dan pantatnya besar, dari jauh tampak seperti buah pir. Tipe ini dinamakan juga obesitas tipe wanita atau female-type obesity. Nama lain tipe ini adalah obesitas tipe perifer (peripheral obesity), atau gluteal obesity (dari kata gluteus yang berarti pantat).

·         Diabetes Mellitus Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau keduanya

·         Hiperglikemia adalah suatu kondisi yang terjadi pada orang dengan diabetes bila kadar glukosa darah mereka terlalu tinggi.
·         Hipoglikemia adalah suatu keadaan dimana kadar gula darah hingga dibawah 60 mg/dl

·         Hiperlipidemia adalah keadaan meningkatnya kadar lipid darah dalam lipoprotein (kolesterol dan trigliserida)

·         Dislipidemia adalah kelainan metabolisme lipid yang ditandai dengan peningkatan maupun penurunan fraksi lipid dalam plasma.

·         Syndroma metabolic adalah kombinasi dari kondisi medis yang menempatkan seseorang pada risiko untuk penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Sindrom metabolik juga disebut sindrom metabolik X, sindrom X, dan sindrom resistensi insulin.
Kriteria diagnostik adalah terdapatnya tiga atau lebih kondisi berikut:
1.       Obesitas perut (lingkar pinggang: ≥ 102 cm untuk pria, ≥ 88 cm untuk wanita)
2.       Peningkatan trigliserida (≥ 150 mg / dL)
3.       Tekanan darah tinggi (≥ 130/85 mmHg)
4.       Intoleransi glukosa / resistensi insulin (glukosa darah puasa ≥ 110 mg / dL)
5.       Penurunan kolesterol HDL

·         Hipertiroid adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan hormon-hormon tiroid secara berlebihan di dalam darah, yang membuat metabolisme tubuh menjadi lebih cepat dan dapat membuat kualitas hidup dari penderitanya menurun.

·         Hipotiroid adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup

·         Tirotoksikosis adalah suatu keadaan di mana didapatkan kelebihan hormon tiroid karena ini berhubungan dengan suatu kompleks fisiologis dan biokimiawi yang ditemukan bila suatu jaringan memberikan hormon tiroid berlebihan. Tirotoksikosis sebagai akibat dari produksi tiroid, yang merupakan akibat dari fungsi tiroid yang berlebihan

·         Osteoporosis adalah penurunan densitas tulang, kerusakan arsitektur tulang dan meluasnya kerapuhan tulang

·         Insulin adalah hormon yang mengubah glukosa menjadi glikogen, dan berfungsi mengatur kadar gula darah bersama hormon glukagon.
·          
      Struma / Goiter adalah suatu pembengkakan pada leher oleh karena pembesaran kelenjar tiroid akibat kelainan glandula tiroid dapat berupa gangguan fungsi atau perubahan susunan kelenjar dan morfologinya.
·         
       Glikogen merupakan simpanan karbohidrat dalam bentuk glukosa di dalam tubuh yang berfungsi sebagai salah satu sumber energi.

·         Makroangiopati adalah penyakit pembuluh darah (arteri, vena, dan kapiler) yang terjadi ketika seseorang memiliki diabetes dalam yang lama. Ada dua jenis angiopati: makroangiopati dan mikroangiopati. Dalam makroangiopati, lemak dan bekuan darah terbangun di pembuluh darah besar, menempel pada dinding pembuluh, dan memblokir aliran darah. Dalam mikroangiopati, dinding pembuluh darah kecil menjadi tebal dan lemah sehingga berdarah, membocorkan protein, dan memperlambat aliran darah melalui tubuh. Sel-sel lalu tidak mendapatkan cukup darah dan mungkin rusak.

·         LDL kolesterol singkatan dari low density lipoprotein cholesterol atau kolesterol lipoprotein berkepadatan rendah. Kolesterol LDL adalah kolesterol jahat karena kolesterol LDL melekat pada dinding arteri dan bisa menyebabkan perkembangan penutupan-penutupan arteri.

·       High-density lipoprotein (HDL) adalah kolesterol baik yang membantu menjaga Low-density lipoprotein (LDL) menyumbat dinding arteri.

·         Polidipsia adalah rasa haus yang berlebihan

·         Polifagia adalah rasa lapar yang berlebihan

0 komentar:

Posting Komentar

 

Medicolicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea